Biografi Haidar Bagir

Haidar Bagir lahir di Solo pada 20 Februari 1957. Ia meraih gelar S-1 dari Jurusan Teknologi Industri ITB (1982), S-2 dari Pusat Studi Timur Tengah, Harvard University, AS (1992), dan S-3 dari Jurusan Filsafat Universitas Indonesia (UI) dengan riset selama setahun (2000-2001) di Departemen Sejarah dan Filsafat Sains, Indiana University, Bloomington, AS.

Haidar Bagir telah menjadi penerima beberapa beasiswa dari berbagai lembaga internasional, termasuk beasiswa Fulbright untuk Studi Pascasarjana di Pusat Studi Timur Tengah Universitas Harvard, beasiswa Fulbright untuk Riset Doktoral di Departemen Sejarah dan Ilmu Filsafat di Universitas Indiana, dan Penghargaan dari The Center for Theology and Natural Science (CTNS) untuk Pengembangan Kurikulum Agama dan Sains. Dia mengajarkan Islam di University of Sciences di Philadelphia sebagai dosen tamu dalam program Fulbrights Direct Access to the Muslim World dan diangkat sebagai Misher Profesor Humaniora pada 2005 oleh universitas tersebut.

Nama penerima tiga beasiswa Fullbright ini selama beberapa tahun berturut-turut masuk di dalam daftar 500 Most Influential Muslims yang diterbitkan oleh The Prince Alwaleed Bin Talal Center for Muslim-Christian Understanding di Georgetown University dan the Royal Islamic Strategic Studies Center di Amman, Yordania.

Selain sibuk mengurus yayasan dan menjadi presiden direktur sebuah rumah penerbitan, dia telah menulis buku bestseller: Buku Saku Tasawuf; Buku Saku Filsafat Islam; Buat Apa Shalat; Surga di Dunia, Surga di Akhirat; dan beberapa judul bukua lain. Ia juga masih aktif memberikan ceramah keagamaan dan pendidikan di sejumlah instansi; menjadi pembicara di sejumlah seminar keilmuan, khususnya kajian tentang filsafat dan pemikiran Islam kontemporer. Beberapa tahun terakhir ini, ia juga mengasuh sebuah acara radio mingguan bertajuk Lite is Beautiful di Lite FM.

Avatar

Article by admin

Comments: no replies

Join in: leave your comment